Kamis, 07 Februari 2013

Pengertian Pendidikan

A.Pengertian Pendidikan secara Sempit
Dalam arti sempit, pendidikan dalam prakteknya identik dengan persekolahan(schooling), yaitu pengajaran formal di bawah kondisi- kondisi yang terkontrol.DEFINISI PENDIDIKAN SECARA SEMPIT MENURUT REDJA M Pendidikan adalah sekolah. Pendidikan adalah pengajaran yangdi selenggarakan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal.Pendidikan adlah segala pengaruh yang di upayakan sekolah terhadapanak dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyaikemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadaphubungan- hubungan dan tugas-tugas sosial mereka.

 Pendidikan dilaksanakan di sekolah atau di dalam lingkungan khusus yang diciptakan secara sengaja untuk pendidikan dalam konteks program pendidikan sekolah. Dalam pengertian sempit, pendidikan hanyalah bagi mereka yang menjadi peserta didik (siswa/mahasiswa) dari suatu lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi). Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan belajar- mengajar yang terprogram dan bersifat formal atau disengaja untuk pendidikan dan terkontrol. Dalam pengertian sempit, pendidik bagi para siswa terbatas pada pendidik profesional atau guru.

B. Pengertian Pendidikan secara LuasDalam arti luas, hidup adalah pendidikan, dan pendidikanadalah hidup (life is education, and education is life).Maksudnya bahwa pendidikan adalah segala pengalamanhidup (belajar) dalam berbagai lingkungan yang berlangsungsepanjang hayat dan berpengaruh positif bagi pertumbuhanatau perkembangan individu.DEFINISI PENDIDIKAN SECARA LUAS MENURUT REDJA MPendidikan adalah hidup. Pendidikan adalah segalapengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungandan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidupyang mempengaruhi pertumbuhan individu.
  • Dalam arti luas, pendidikan memiliki karakteristik sebagaiberikut: - Tujuan pendidikan sama dengan tujuan hidup individu, tidak ditentukan oleh orang lain, - Pendidikan berlangsung kapan pun, artinya berlangsung sepanjang hayat (life long education). Karena itu pendidikan berlangsung dalam konteks hubungan individu yang bersifat multi dimensi, baik dalam hubungan individu dengan Tuhannya, sesama manusia, alam, bahkan dengan dirinya sendiri.
  •  Dalam hubungan yang besifat multi dimensi itu, pendidikan berlangsung melalui berbagai bentuk kegiatan, tindakan, dan kejadian, baik yang pada awalnya disengaja untuk pendidikan maupun yang tidak disengaja untuk pendidikan. - Pendidikan berlangsung bagi siapa pun. Setiap individu – anak-anak atau pun orang dewasa, siswa/mahasiswa atau pun bukan siswa/mahasiswa – dididik atau mendidik diri. - Pendidikan berlangsung dimana pun. Pendidikan tidak terbatas pada schooling saja. Pendidikan berlangsung di dalam keluarga, sekolah, masyarakat, dan di dalam lingkungan alam dimana individu berada. Pendidik bagi individu tidak terbatas pada pendidik profesional.
C. Pengertian Pendidikan secara AlternatifIlmu pendidikan secara alternatif adalah sistempendidikan yang tidak selalu identik dengan sekolah ataujalur pendidikan diluar pendidikan formal yang dapatdilaksanakan secara struktur dan berjejang. Pendidikansecara alternatif berfungsi mengembangkan potensipeserta didik dengan penekanan dengan penguasaanpengetahuan dan ketrampilan fungsional sertapengembangan sikap dan kepribadian fungsional.  

 D. Pengertian Ilmu PendidikanMenurut Para Ilmuwan
 Prof. Dr. N. Driyarkara menjelaskan bahwa ilmu pendidikan merupakan pemikiran ilmiah tentang realitas yang kita sebut pendidikan (mendidik dan dididik). Pemikiran ilmiah bersifat kritis, metodis, dan sistematis. Prof. M. J. Langeveld menjabarkan bahwa ilmu mendidik atau Paedogogi adalah suatu ilmu yang bukan saja menelaah objeknya untuk mengetahui betapa keadaanatau hakiki objek itu, melainkan mempelajari pula betapa hendaknya bertindak. Objek Ilmu Pendidikan ialah proses-proses atau situasi pendidikan.
  • Ilmu pendidikan adalah uraian secara sistematis dan ilmiah tentang bimbingan atau tuntunan pendidikan kepada anak- anak didik dalam perkembangannya agar ia tumbuh secara wajar berpribudi baik, sebagai anggota masyarakat yang hidup selaras dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Ilmu pendidikan adalah ilmu yang mempelajari serta memproses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
  • SEKIAN danTERIMA KASIH…. ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar